MITRA ORGANIK INDONESIA HADIR UNTUK MENJADIKAN PETANI INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA BERSAMA

Kamis, 29 Agustus 2013

Cara Membuat Bokashi Tanpa Hama Gulma dan Fungi



Add caption

Sudahkah bokashi yang anda buat tanpa hama, gulma dan fungi? Karena hama, gulma dan fungi yang berasal dari bokashi yang kita buat itu belum menjalani tahap dengan benar sehingga masih ada benih hama gulma dan fungi yang terbawa lewat bahan yang kita gunakan seperti kotoran hewan. Dengan terbawanya hama gulma dan fungi maka tanaman kita akan sangat terganggu baik pertumbuhan maupun perawatannya hasilnya pun tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu kami sebagai mitra HCS ingin berbagi pengalaman bagaimana sih cara membuat bokashi yang baik dan benar tanpa ada hama gulma dan fungi yang merugikan bagi tanaman organik kita.

Tanaman organik memang tak lepas dari pupuk organik, pupuk organik bisa kita dapatkan melalui pembuatan kompos/bokashi sendiri, bokashi juga bermacam-macam dilihat dari bahan dasarnya seperti bokashi jerami, bokashi kotoran ternak dan masih banyak lagi tergantung bahan apa yang kita gunakan untuk bahan dasarnya. Kali ini kami ingin membahas cara membuat bokashi dari kotoran ternak dengan pola HCS, tapi kotoran ternak yang terbagus adalah kotoran ternak yang diberi pakan fermentasi organik walaupun kotoran ternak apa saja bisa dibuat bokashi namun harus melalui tahap khusus agar benih hama, gulma dan fungi bisa di minimalisir. Baiklah langsung kita mulai saja caranya.
Siapkan alat-alat untuk proses membuat bokashi :
Sekop
Ember
Drum/Gentong plastic
Perpal
Prayer
Bahan-bahan untuk membuat Bokashi :
No
Bahan-Bahan
Takaran
1 Kotoran ternak 200 kg
2 Abu sekam(sudah dibakar) 37.5 kg
3 Bekatul (dedak) 12.5 kg
4 Kaptan (dolomite) 12.5 kg
5 Gula pasir ¼ kg
6 PHEFOC 1 botol
7 SOT 1 botol

Ada 2 tahap dalam membuat Bokashi Dengan bahan dasar kototan ternak :

Tahap pertama adalah membersihkan kotoran dari bibit hama, gulma dan fungi caranya:
Larutkan 1 botol Phefoc dan 3 sdm gula pasir kedalam 5 lt air
Gelar perpal untuk tempat kororan ternak yang hendak di semprot
Semprotkan larutan PHEFOC secara merata dengan memebuat lapisan dedikit demi sedikit
Bila perlu tambahkan air dan diaduk sampai kandungan air 30% (cirinya: air tidak menetes/setangah basah dan bila dikepal susah pecah)
Masukan kedalam drum dan ditutup rapat untuk proses fermentasi tahap 1 selama 1 hari(24 jam)
Dinginkan untuk proses tahap ke 2
2. Tahap kedua adalah proses pembuatan pupuk Bokashi caranya :
Larutkan 1 botol SOT dan 200gr gula pasir ke dalam 5 lt air
Gelar perpal untuk mencampurkan semua bahan
campurkan kotoran ternak, abu sekam, bekatul, dolomite secara merata
Semprotkan larutan SOT secara merata dengan membuat lapisan sedikit demi sedikit
Bila perlu tambahkan air dan diaduk sampai kandungan air 30% (cirinya: air tidak menetes/setangah basah dan bila dikepal susah pecah)
Masukan kedalam drum dan ditutup rapat untuk proses fermentasi tahap 2 selama 3 hari(72 jam)
Suhu akan mengalami kenaikan sampai 50⁰C itu tandanya fermentasi berhasil dilakukan
Dinginkan dan bokashi siap digunakan sebagai pupuk organik.

Catatan :
Bila tidak ada moltase, berbagai macam gula dapat digunakan sebagai gantinya seperti gula aren, gula kelapa, jus buah, maupun sisa pembuangan alkolhol.
Sebaiknya atur suhu jangan sampai terlalu panas supaya tidak terjadi proses pembusukan yang mengakibatkan bokashi menjadi rusak.

Selesai sudah pembahasan tentang pembuatan bokashi dengan bahan dasar kotoran ternak tanpa hama, gulma dan fungi penggangu, bokashi akan lebih sempurna jika mengunakan kotoran ternak yang diberi pakan fermentasi SOC karena dapat mempercepet proses fermentasi (3 hari)dibanding kotoran ternak biasa bisa memakan waktu 4 hari/lebih. Apalagi difermentasi melalui 2 tahap yaitu fermentasi PHEFOC dan SOT Bokashi lebih sempurna, PHEFOC sendiri memiliki keunggulan dalam membasmi hama, gulma dan fungisida dan SOT sendiri memiliki keunggulan sebagai pupuk organik yang mengandung 52 mikroba laktogen(dengan sistem mikroba matrix) yang berfungsi sebagai penyubur dan penyehat tanah.

Bagi rekan – rekan petani organik dan calon petani organik Anda bisa mencoba cara yang satu ini dan dapatkan produk-produk HCS hanya di Stockist HCS !
 INFO PRODUK HUB: 081343236243 (mas nono) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar